Minggu, 03 Oktober 2010

Cara Menginstall Web Master XAMPP

Nama : HAJAR ARDANIANTO
NIM : 08.10802.00012
KELAS : 5 A/ PAGI

XAMPP Adalah Perangkat Lunak Bebas, Yang Mendukung Banyak Sistem Operasi, Merupakan Kompilasi Dari Beberapa Program.
Fungsinya Adalah Sebagai Server Yang Berdiri Sendiri (Localhost), Yang Terdiri Atas Program Apache HTTP Server, MySQL Database, Dan PenerjemahBahasa Yang Ditulis Dengan Bahasa Pemrograman PHP Dan Perl. Nama XAMPP Merupakan Singkatan Dari X (Empat Sistem Operasi Apapun) , Apache,MySQL, PHP Dan Perl.
Program Ini Tersedia Dalam GNU General Public License Dan Bebas, Merupakan Web Server Yang Mudah Digunakan Yang Dapat Melayani Tampilan Halaman Web Yang Dinamis. Untuk Mendapatkanya Dapat Mendownload Langsung Dari Web Resminya.

intinya XAMPP adalah software Web Server Lokal yang bisa kita gunakan sebagai Web Server, dalam seri ini kita akan menggunakan web server XAMPP untuk menginstall CMS Wordpress.

Sebelumnya download dulu XAMPP disini, selanjutnya langsung saja akan saya berikan tutorial cara menginstallnya :

  1. Jalankan file installer yang telah anda download sebelumnya.
  2. Kemudian akan tampil pilihan untuk memilih bahasa ketika proses instalasi berjalan. Silakan pilih bahasa Indonesian atau English, kecuali anda menguasai bahasa lainnya. Pada contoh ini saya memilih bahasa Indonesian karena saya cinta bahasa Indonesia.
  3. Proses instalasi akan dimulai. Klik Maju untuk memulainya.
  4. Akan muncul lisensi software. Silahkan membacanya jika anda mau, tetapi saya lebih suka untuk tidak membacanya karena terlalu banyak. Klik Saya Setuju untuk melanjutkan.
  5. Selanjutnya silakan anda pilih lokasi install untuk XAMPP (saya memilih direktori C:). Kemudian klik install
  6. Tunggu beberapa saat sampai proses instalasi selesai.
  7. Instalasi selesai
  8. Sampai tahap ini, berarti kita sudah menginstal XAMPP. Itu berarti kita sudah selesai menginstall PHP, APACHE dan MYSQL. Langkah selanjutnya adalah menjalankan servicenya.
  9. Jalankan XAMPP Control Panel yang ada di desktop. Atau anda juga dapat menjalankan XAMPP Control Panel dari menu Start -> All Programs -> apachefriends -> xampp -> xampp control panel.
  10. Nyalakan Apache dan Mysql dengan mengklik tombol Start. Buka web browser anda, lalu ketikkan http://localhost.
  11. Sekedar informasi saja, document root milik XAMPP terletak pada folder C:\xampp\htdocs. Hal ini disebabkan karena saya menginstall XAMPP pada direktori "C:\".
Nah sampai disini berarti anda telah berhasil mengintall XAMPP, silahkan tunggu tutorial selanjutnya untuk menggunakan XAMPP sebagai tempat menginstall CMS Wordpress anda.
Jika ada yang kurang jelas silahkan tanyakan melalui kotak komentar.
Wassalam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar